Cara Mengganti Template di Blogspot

Bookmark and Share
Di blogger atau blogspot, anda dapat mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan anda masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda. Namun, jika anda masih awam dalam membuat template, blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda dapat pula mengunduh atau mendownload template blogger gratis dari penyedia template blogger, yang terdapat ratusan template blogger yang bisa anda gunakan secara gratis. Namun, jika anda menggunakan template gratis, syarat yang harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut. Dengan tidak membuang link credit pembuat template, itu adalah sebagai apresiasi atas kerja keras mereka dalam menyediakan template secara gratis.
Langsung ke topik utama, berikut adalah cara mengganti template di blogspot.
Cara Mengganti Template di Blogspot
1. Login ke dashboard Blogger dengan account Google Anda. Selanjutnya, pilih blog yang ingin anda ganti  layoutnya dan pilih ” perancang template” seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini:


2. Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat 4 tab di ujung kiri – Templates, Background, Layout dan Advanced. Preview desain  blog yang Anda pakai saat ini akan ditampilkan di bagian bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


3. Tombol “Templates” memungkinkan Anda memilih template dari 4 tema dasar.
4. Selanjutnya, Anda dapat memilih gambar latar belakang untuk template blog Anda dari “Background” tab. Ada ratusan gambar latar belakang dan pola yang tersedia dari IStockphoto. Tata letak gambar tergantung pada template saat ini dan jika Anda tidak dapat melihat gambar, beralih ke salah satu template default blogger dan restart proses.
5. Anda dapat memperbaiki desain layout untuk satu kolom, dua kolom atau tiga kolom dari tab layout. Kolom-kolom dapat disesuaikan ke kiri atau kanan, tergantung pada pilihan Anda.
6. Tab advance  memungkinkan Anda menambahkan custom style  dalam template blog Anda. Ini sangat berguna karena Anda tidak perlu mencari aturan CSS di dalam kode template blog.
Ketika anda selesai membuat desain, hanya tekan “Terapkan untuk blog” tombol dan desain akan diimplementasikan pada blogger blog. Salah satu kelemahan yang ditemukan adalah bahwa anda tidak dapat menyimpan desain yang sudah anda buat. tidak masalah yang penting sekarang anda memiliki template blog yang berbeda dengan blogger yang lain.

SELAMAT MENCOBA !!!!!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar